LAPORAN PENELITIAN
BAHASA INDONESIA
“KEYBOARD”
Disusun
Oleh :
Nama
: KURNIA LARASATI
Npm : 16753029
Kelas : MI A
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
MANAJEMEN INFORMATIKA
2016-2017
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan
kesempatan kepada saya sehingga saya
dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan judul “keyboard computer”. Makalah ini
membahas tentang keyboard computer,
Saya
mengucapkan terima kasih atas perhatiannya , semoga apa yang saya tulis didalam
makalah ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan yang membaca makalah ini .Tak
luput dari kesalahan saya mohon maaf atas kesalahan atau penerjemahan kata –kata yang saya sampaikan . kritik dan
saran saya harapkan dari pembaca makalah ini agar saya dapat membenahi
kesalahan-kesalahan yang ada pada makalah ini.
27
November 2016
Penyusun
Kurnia Larasati
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................... II
DAFTAR ISI....................................................................................................... III
Bab I Pendahuluan................................................................................................ 4
Tujuan .............................................................................................................. 5
Rumusan Masalah................................................................................................. 5
Sistematis Penulisan............................................................................................... 5
Bab II Pembahasan................................................................................................ 6
Keyboard .............................................................................................................. 7
Bab
III Penutup..................................................................................................... 18
Kesimpulan............................................................................................................ 18
Saran ............................................................................................................ 18
Daftar
Pustaka...................................................................................................... 19
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Saat ini teknologi sudah berkembang
sangat pesat, begitu pula dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer.
Terutama di negara – Negara maju, teknologi memiliki peran yang sangat penting
dalam kehidupan masyarakatdi sana. Seakan – akan hampir disegala aspek
kegiatan, tidak lepas dari yangnamanya teknologi. Begitu pula untuk negara
berkembang, khususnya Indonesia,teknologi yang sedang berkembang dan menjadi
magnet tersendiri bagimasyarakat adalah komputer.
Perkembangannya pun beraneka ragam
baik itu dari sistem yangdigunakan, software maupun hardware. Jika berbicara
tentang hardwareperkembangan yang paling nyata adalah dari bentuk fisiknya yang
bertujuanuntuk efisiensi dan lebih praktis untuk digunakan. Zaman dulu pertama
kalikomputer berkembang bentuk fisiknya sangatlah besar dan kurang efisienmeskipun
sekarang ada yang masih menggunakan, tapi seiring berjalannya waktukomputer
dibuat sepraktis mungkin. Dahulu orang hanya bisa menggunakankomputer hanya
pada satu tempat sekarang dengan adanya laptop hingga tabletyang berkembang
sedemikian rupa orang dengan mudah menggunakannya jikasedang bepergian.
Salah satu contohnya, yang paling
dekat dengan kita adalah bagaimanaperkembangan keyboard itu sendiri. Memang
secara susunan hurufnya tidak mengalami perkembangan yang begitu berarti,
karena memang sudah diresmikansebagai keyboard standard ISO (International
Standard Organization).
Namun berbeda dengan bentuk
fisiknya, yang terus dikembangkan dan didesain sedemikian rupa sehingga lebih
praktis serta lebih menarik. Keyboard yangumumnya kita jumpai berbentuk persegi
panjang pada saat ini sudah mulaiberkembang keyboard fleksibel hingga dengan
sebuah sensor hologram.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas
penulis dapat merumuskan beberaparumusan masalah. Adapun rumusan masalahnya
adalah sebagai berikut :
a. Apa pengertian keyboard ?
b. Apa saja fungsi keyboard ?
3. Bagaimana awal mula perkembangan keyboard ?
4. Apa jenis – jenis keyboard secara fisik ?
5.
Bagaimana cara kerja keyboard ?
6.
Bagaimana perkembangan terbaru dari keyboard saat ini (Celluon MagicCube)?
C.
Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1)
Mengetahui pengertian keyboard.
2)
Mengetahui fungsi keyboard.
3)
Mengetahui awal mula perkembangan keyboard.
4)
Mengetahui jenis – jenis keyboard secara fisik.
5)
Mengetahui cara kerja keyboard.
6)
Mengetahui perkembangan keyboard terbaru saat ini (Celluon MagicCube).
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang digunakan
untuk mengetik informasi kedalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi
atau perintah ke dalam komputer.
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketikyang dasar
rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan
banyakdipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard computer pertama disesuaikan dari
kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengirimantulisan jarak jauh (Teletype).
Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakanpembaca kartu pembuat lubang (punched
card reader) sebagai alat input danoutput.
Dalam penggunaan normal, keyboard
digunakan untuk mengetik teks danangka ke dalam pengolah kata, teks editor atau
program lainnya. Sedangkan padakomputer modern, penafsiran dari tombol yang
ditekan pada umumnyadiperintahkan kepada perangkat lunak. Keyboard juga digunakan
untuk gamekomputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan
keyboarddengan fitur gaming khusus.
Susunan keyboard yang dipakai umum
sekarang ini (QWERTY)sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak
efisien yang ditujukanagar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat.Hal ini
berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih duluoleh Christopher
Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototypesebelumnya, malah
sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebihcepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam
mengetik tersebut, sampai- sampaisering timbul masalah pada saat itu.
Seringkali saat tombol ditekan, batang-batanghuruf (slug) yang menghentak pita
itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebihsering diakibatkan karena
batang-batang itu saling mengait (jamming).
Karena bingung memikirkan solusinya
pada saat itu, Christopher LathamSholes justru mengacak-acak urutan itu
demikian rupa sampai ditemukan5kombinasi yang dianggap paling sulit untuk
digunakan dalam mengetik.Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan
mekanik yang seringterjadi sebelumnya
B.
Fungsi Keyboard
Fungsi keyboard di sini memang
penting sekali. Jika sebuah computer tidak memiliki keyboard maka tentu
sebagian aplikasi atau softwere computer tidak dapat berfungsi dengan baik atau
bahkan tidak dapat digunakan.
C.
Komponen
Keyboard Beserta Fungsinya
Dalam penjelasan tentang fungsi
keyboard di atas, tentu tombol-tombolyang ada pada keyboard tersebut memiliki
fungsi yang berbeda-beda. Berikut iniakan dijelaskan tentang fungsi keyboard
berdasarkan fungsi tombolnya yaitu :
a.
Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu
dapat dipakai untukkebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu
dokumen yangkemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik
tersebutberupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
b. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol
yaitu salah satunya dapatmenghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan
dengan tombolyang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan
bersama6sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkansuatu
huruf atau angka.
c.
Fungsi
keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikandengan aplikasi
atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkantombol F1 jika di tekan
maka akan memunculkan menu bantuan (Help)sesuai dengan softwere yang
dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1sampai F12 yang tersusun secara
berderet.
b. Fungsi keyboard berdasarkan
Tombol alternate yaitu seperti tombol Enterberfungsi untuk memulai kembali
suatu paragraf baru saat mengetik atauuntuk memilih suatu perintah tertentu
yang muncul pada aplikasi yangdijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna
untuk meng-cancel suatudialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan
suatu teks.
5.
Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Downyang
berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untukmen-scrool layar
ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letakkursor ke bagian akhir baris.
Tombol Left berfungsi untuk pemindahan kekiri dengan melangkahi 1 karakter.
Tombol Tombol Right berguna untukpemindahan kursor ke kanan dengan melangkahi 1
karakter. Dan lainsebagainya.
D.
Jenis – jenis Keyboard Berdasarkan
Susunan Tombolnya (Tuts)
Bentuk keyboard secara umum sama
dengan tombol pada mesin ketik,perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk
aksara, angka dan perintahlainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin
ketik. Data atau perintah
dapat
dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboardmerupakan
penghubung antara manusia dan komputer. Bentuk keyboard yangpernah diciptakan
sejauh ini, yaitu:
1) Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan
layout mesin tik. Tata letak iniditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada
tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.
Keyboard QWERTYdidesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan
terpisahletaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada
saatmengetik (pada mesin ketik mekanik).
Meskipun tata letak QWERTY sangat
luas pemakaiannya, tetapi memilikibeberapa kelemahan dan ketidakefisienan.
Misalnya, 48 persen dari gerakandiantara huruf yang berurutan harus dilakukan
dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row
(baris awal dari posisi jari padakeyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari
tangan kanan (56 persen). Contohpaling nyata dari ketidakefisienan tata letak
QWERTY adalah pengetikan huruf‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus
dilakukan oleh jari kelingking yangpaling lemah.
Keyboard ini dibuat pada tahun 1936.
Keyboard Dvorak diciptakanberdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi.
Susunan letak tombol hurufdengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga
56 % ketukan ada padatangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja
adalah jari telunjuk, jaritengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada
baris tengah lebih seringdiketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar
baris hanya sekitar 10 %sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.
Walaupun keyboard jenis DVORAK sudah
lebih baik dari pada jenisQWERTY, akan tetapi karena dalam hal pemasarannya
dengan jenis QWERTYlebih dulu dan meskipun harus diganti dengan jenis DVORAK,
secara otomatiskita akan memerlukan pelatihan baru dan juga berarti perlu biaya
tambahan yangharus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard DVORAK.
Kemungkinanuntuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan.
Dengandemikian jenis lama (QWERTY) masih tetap digunakan.
Keyboard ini dibuat dengan maksud
menyempurnakan jenis keyboardyang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua
bagian keyboard (bagian kiridan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard
dipisahkan dengan sudut 15 derajatdan dibuat miring ke bawah. Selain itu,
keyboard KLOCKENBERG mempunyaitombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis)
dengan meja kerja sehingga terasalebih nyaman.
Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu
karena dipisahkan bagian kiridan kanannya yang relatif lebih banyak memakan
ruang. Walaupun demikian, keyboard
KLOCKENBERG sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban padajari dan lengan.
Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangantangan. Dari
ketiga macam keyboard tersebut, ternyata keyboard QWERTY yangtetap diusulkan
sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan keputusanAmerika Serikat untuk
tetap menggunakan keyboard QWERTY dalam StandardInstitute pada tahun 1968 dan melalui
ISO pada tahun 1971. Keputusan ini lebihbanyak dipengaruhi masalah ekonomi,
yaitu dalam hal mengurangi biayapelatihan baru bila harus memakai keyboard
jenis KLOCKENBERG maupunjenis DVORAK. Dengan demikian, masalah nyeri otot masih
tetap akan munculpada pemakaian keyboard QWERTY.
E.
Jenis – jenis Keyboard Berdasarkan
Konektornya (PORT)
1) Keyboard Serial.
Menggunakan DIN 5 male dan
biasanya digunakan pada computer tipe AT. Keyboard Serial adalah keyboard yang
terhubung ke computer menggunakan port Serial
Keyboard Serial
2) KeyboardPS/2.
Keyboard PS/2 adalah keyboard yang
terhubung ke computer menggunakan port PS/2. Biasanya digunakan pada komputer
ATX dan masihumum dipergunakan di komputer lama. Pemasangan keyboard tipe
ini harusdilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama
dengan port untukmouse.
Port pada keyboard PS2 dan konektor
pada motherboard
3)
Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe
ini tidak menggunakan kabelsebagai penghubung antara keyboard dengan
komputer. Jenis koneksi yangdigunakan adalah infra red, wifi atau
bluetooth. Untuk menghubungkankeyboard dengan komputer,
dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unitpemancar biasanya terdapat pada keyboard
itu sendiri, sedangkan penerimabiasanya dipasang pada port USB atau
serial pada CPU.
Keyboard dan mouse wireless
Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah
banyak yang mempergunakan jenis
konektor
USB yang menjamin transfer data lebih cepat dan lebih mudah
Konektor USB
Cara Kerja Keyboard
Sebuah keyboard seperti miniatur
komputer. Keyboard mempunyaiprosesor sendiri dan rangkaian sirkuit yang membawa
informasi menuju dandari prosesor tersebut. Bagian terbesar dari rangkaian
keyboard berupa “keymatrix” .
“Key matrix” adalah sebuah kisi
rangkaian dibawah tombol-tombolkeyboard. Di dalam keyboard, tiap rangkaiannya
terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tiap tombol. Ketika kita menekan
sebuah tombol, tomboltersebut menekan sebuah saklar, menjadikan rangkaian
tersambung danmengalirkan arus listrik melaluinya. Jika kita lama pada tombol,
prosesormengenalinya sama dengan menekan tombol tersebut berulang-ulang..
Ketika prosesor menemukan rangkaian
tertutup (tersambung karenaadanya penekanan tombol), maka prosesor akan
membandingkan lokasi yangrangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang
tersimpan dalam ROM(read only memory) keyboard. Peta karakter pada dasarnya
adalah tabel daftarkarakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau kombinasi
tombol besertakarakter yang direpresentasikannya.
Sebagai contoh, peta karakter
memberitahu prosesor bahwa menekantombol “a” sendirian menghasilkan huruf kecil
“a”, tetapi tombol Shiftbersama tombol “a”bersama
Celluon Magic Cube, Si Keyboard
Laser
Celluon Magic Cube
Celluon Magic Cube Projection
Keyboardkeyboard keluaran dari Celluon. Keyboard proyeksi ini sangat serbaguna,
kitadapat dengan mudah menghubungkannnyaseperti iPhone, iPad danmenggunakan
perangkat keyboard ini dengan Windows dan Mac OS melaluikoneksi USB.
Cara menggunakannya pun sangat
mudah, kita hanya menekan sebuahtombol dan perangkat ini dapat segera bekerja.
Celluon Magic inisecara fisiknya sehingga sangat mudah untuk dibawa dalam
perjalanan. Contoh, bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital “A”.
Celluon Magic Cube
merupakan inovasi terbaru daridengan
perangkat Bluetooth lainnyaperangkat Android. Selain itukita juga bias
berukuran kecilKeyboard proyeksi ini berbentuk keyboard QWERTY yang
menggunakanoptikal non mekanis dengan daya tahan tinggi. Dapat bekerja di
berbagai jenispermukaan rata.
Menggunakan baterai lithium polymer
berkapasitas 700 mAhyang dapat beroperasi hingga 150 menit. Kompatibel dengan
berbagai system operasi komputer seperti Mac OS 10+, Windows XP/Vista/7, iOS
4+, Android2.2+ dan perangkat yang mendukung Bluetooth HID tanpa memerlukan
driverkhusus.
Cara
kerja keyboard virtual:
1.
Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan levelpermukaan
yang dibiaskan.
2.
Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboardvirtual.
3.
Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke.Penekanan
oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah
secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung keproyektor.
4.
Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
5.
Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari inframerah.
6.
Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang
rusak,kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
7.
Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan
menggunakankoordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.
MENGGUNAKAN KEYBOARD
(Komputer tanpa Mouse)
1. Keyboard Shortcuts
CTRL + C (Copy)
CTRL + X (Cut)
CTRL + V (Paste)
CTRL + Z (Undo)
DELETE (Hapus)
SHIFT + DELETE (Menghapus
item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
CTRL sambil menyeret item
(Menyalin item yang dipilih)
CTRL + SHIFT sambil
menyeret item (Buat shortcut untuk item yang dipilih)
F2 key (Ubah nama item yang
dipilih)
CTRL + RIGHT ARROW
(Pindahkan titik penyisipan ke bagian awal kata berikutnya)
CTRL + LEFT ARROW
(Pindahkan titik penyisipan ke bagian awal kata sebelumnya)
CTRL + DOWN PANAH
(Pindahkan titik penyisipan ke bagian awal paragraf berikutnya)
CTRL + UP ARROW (Pindahkan
titik penyisipan ke bagian awal paragraf sebelumnya)
CTRL + SHIFT dengan salah
satu tombol panah (Sorot sebuah blok teks)
SHIFT dengan salah satu
tombol panah (Memilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada
desktop, atau teks pilih dokumen)
CTRL + A (Select all)
F3 key (Search untuk file
atau folder)
ALT + ENTER (Menampilkan
properti untuk item yang dipilih)
ALT + F4 (Menutup item
aktif, atau keluar dari program aktif)
ALT + ENTER (Menampilkan
properti dari objek yang dipilih)
ALT + SPACEBAR (Open menu
shortcut untuk jendela aktif)
CTRL + F4 (Menutup dokumen
yang aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk
memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan)
ALT + TAB (Switch antara
item yang terbuka)
ALT + ESC (Cycle melalui
item dalam urutan yang mereka telah dibuka)
F6 key (Cycle melalui
elemen-elemen layar dalam jendela atau pada desktop)
Tombol F4 (Menampilkan
daftar baris Alamat di My Computer atau Windows Explorer)
SHIFT + F10 (Menampilkan
menu shortcut untuk item yang dipilih)
ALT + SPACEBAR (Menampilkan
menu Sistem untuk jendela yang aktif)
CTRL + ESC (Menampilkan
menu Start)
ALT + Underlined surat
dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai)
Tombol F10 (Mengaktifkan
menu bar dalam program aktif)
PANAH KANAN (Membuka menu
berikutnya ke kanan, atau membuka submenu)
PANAH KIRI (Membuka menu
sebelah kiri, atau menutup submenu)
F5 key (Update jendela
aktif)
BACKSPACE (Lihat folder
satu tingkat di My Computer atau Windows Explorer)
ESC (Membatalkan tugas saat
ini)
SHIFT ketika Anda
memasukkan CD-ROM ke dalam drive CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis
bermain)
2. Dialog Box Keyboard Shortcuts
CTRL + TAB (Bergerak maju
melalui tab)
CTRL + SHIFT + TAB
(Bergerak mundur melalui tab)
TAB (Bergerak maju melalui
pilihan)
SHIFT + TAB (Bergerak
mundur melalui pilihan)
ALT + huruf digarisbawahi
(Menjalankan perintah yang sesuai atau pilih pilihan yang sesuai)
ENTER (Menjalankan perintah
untuk opsi aktif atau tombol)
SPACEBAR (Pilih atau
menghapus kotak memeriksa apakah pilihan yang aktif adalah kotak cek)
Tombol panah (Memilih
tombol apabila opsi aktif adalah sekelompok tombol opsi)
F1 key (Display Help)
Tombol F4 (Menampilkan item
dalam daftar aktif)
BACKSPACE (Open folder satu
tingkat Facebook jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak
dialog)
3.Microsoft Natural Keyboard Shortcuts
Logo Windows (Menampilkan
atau menyembunyikan menu Start)
Windows Logo + BREAK
(Menampilkan kotak dialog Properti Sistem)
Windows Logo + D
(Menampilkan desktop)
Windows Logo + M
(Meminimalkan semua jendela)
Windows Logo + SHIFT + M
(Memulihkan jendela diminimalkan)
Windows Logo + E (Open My
Computer)
Windows Logo + F (Mencari
file atau folder)
CTRL + Windows Logo + F
(Mencari komputer)
Windows Logo + F1 (Display
Windows Help)
Windows Logo + L (Mengunci
keyboard)
Windows Logo + R (Membuka
kotak dialog Run)
Windows Logo + U (Open
Utility Manager)
4.Aksesibilitas Keyboard Shortcuts
Hak SHIFT selama delapan
detik (Switch FilterKeys on atau off)
Waktu ALT + SHIFT kiri +
PRINT SCREEN (Switch High Kontras on atau off)
Waktu ALT + SHIFT kiri +
NUM LOCK (Mengaktifkan MouseKeys on atau off)
SHIFT lima kali
(Mengaktifkan StickyKeys on atau off)
NUM LOCK selama lima detik
(Mengaktifkan ToggleKeys on atau off)
Windows Logo + U (Open
Utility Manager)
5. Windows Explorer Keyboard Shortcuts
END (Menampilkan bagian
bawah jendela aktif)
HOME (Menampilkan atas jendela
aktif)
NUM LOCK + Asterisk sign
(Tampilkan semua subfolder yang berada di bawah folder yang dipilih)
NUM LOCK + Plus sign (+)
(Tampilkan isi dari folder yang dipilih)
NUM LOCK + Minus sign (-)
(Collapse folder yang dipilih)
LEFT ARROW (Collapse pilihan
saat ini jika diperluas, atau pilih folder induk)
PANAH KANAN (Menampilkan
pilihan saat ini jika sudah runtuh, atau pilih subfolder pertama)
LEFT ARROW (Pindah ke kiri
atau ke akhir baris sebelumnya)
PANAH (Pindah ke atas satu
baris)
DOWN PANAH (Pindahkan ke
bawah satu baris)
PAGE UP (Pindah ke atas
satu layar pada satu waktu)
PAGE DOWN (Bergerak ke
bawah satu layar pada satu waktu)
HOME (Pindah ke awal baris)
AKHIR (Pindah ke akhir
baris)
CTRL + HOME (Bergerak ke
karakter pertama)
CTRL + END (Bergerak ke
karakter terakhir)
SPACEBAR (Switch antara
Diperbesar dan modus Normal ketika karakter dipilih)
6. Microsoft Management Console (MMC)
Main Window Keyboard Shortcuts
CTRL + O (Membuka disimpan
konsol)
CTRL + N (Open konsol baru)
CTRL + S (Save the open
console)
CTRL + M (Menambah atau
menghapus konsol item)
CTRL + W (Membuka jendela
baru)
Tombol F5 (Memperbarui
konten semua jendela konsol)
ALT + SPACEBAR (Menampilkan
menu jendela MMC)
ALT + F4 (Menutup konsol)
ALT + A (Menampilkan menu
Tindakan)
ALT + V (Menampilkan menu
Tampilan)
ALT + F (Menampilkan menu
File)
ALT + O (Menampilkan menu
Favorit)
7.
MMC Console Window Keyboard Shortcuts
CTRL + P (Mencetak halaman
aktif atau panel aktif)
ALT + Minus sign (-)
(Menampilkan menu jendela untuk jendela konsol yang aktif)
SHIFT + F10 (Menampilkan
menu shortcut Aksi untuk item yang dipilih)
Tombol F1 (Membuka topik
Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)
Tombol F5 (Memperbarui
konten semua jendela konsol)
CTRL + F10 (Memaksimalkan
aktif jendela konsol)
CTRL + F5 (Memulihkan
jendela konsol yang aktif)
ALT + ENTER (Menampilkan
kotak dialog Properties, jika ada, untuk item yang dipilih)
F2 key (Ubah nama item yang
dipilih)
CTRL + F4 (Menutup jendela
konsol yang aktif. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol,
shortcut ini menutup konsol)
8. Remote Desktop Connection Navigasi
CTRL + ALT + END (Open
Microsoft Windows NT Security dialog box)
ALT + PAGE UP (Beralih di
antara program dari kiri ke kanan)
ALT + PAGE DOWN (Beralih di
antara program dari kanan ke kiri)
ALT + INSERT (Cycle melalui
program-program dalam rangka yang terakhir digunakan)
ALT + HOME (Menampilkan
menu Start)
CTRL + ALT + BREAK (Switch
komputer klien antara jendela dan layar penuh)
ALT + DELETE (Menampilkan
menu Windows)
CTRL + ALT + Minus sign (-)
(Tempat snapshot dari seluruh luas jendela klien pada clipboard server Terminal
dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada
komputer lokal.)
CTRL + ALT + tanda Plus (+)
(Tempat snapshot dari jendela aktif dalam klien pada clipboard server Terminal
dan menyediakan fungsi yang sama seperti menekan PRINT SCREEN pada komputer
lokal.)
9. Microsoft
Internet Explorer Navigasi
CTRL + B (Membuka kotak
dialog Atur Favorit)
CTRL + E (Membuka Search
bar)
CTRL + F (Menjalankan
utilitas Cari)
CTRL + H (Membuka baris
Riwayat)
CTRL + I (Open bar Favorit)
CTRL + L (Membuka kotak
dialog Open)
CTRL + N (Start contoh lain
dari browser dengan alamat Web yang sama)
CTRL + O (Membuka kotak
dialog Open, sama seperti CTRL + L)
CTRL + P (Membuka kotak
dialog Print)
CTRL + R (Memperbarui
halaman Web saat ini)
CTRL + W (Tutup jendela
aktif)
BAB III
KESIMPULAN
A.
KESIMPULAN
Pengertian
KEYBOARD
Pada dasarnya komputer terdiri dari
software, hardware dan brainware yang saling berkaitan satu sama lainnya. Jika
salah satu saja tidak ada maka komputer tidak dapat berfungsi dengan baik.
Adapun salah satu hardware penting dalam konputer ialah keyboard itu sendiri.
Keyboard adalah Alat input yang digunakan
untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi
atau perintah ke dalam komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan
tombol jari atau papan tulis.
Keyboard dihubungkan ke komputer
dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut
dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Menurut jenisnya keyboard ada
beberapa jenis yaitu Keyboard QWERTY, Keyboard DVORAK, Keyboard KLOCKENBERG,
Keyboard Maltron, Keyboard CHORD, Keyboard Alphabetik dan Keyboard Numeric.
Setiap jenis diatas memiliki susunan tombol dan karakteristiknya masing
–masing.
Keyboard merupakan alat input
standart yang diperlukan dalam setiap PC Sebenarnya komponen keyboard tidak
mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor PC nya saja yang mengalami
perkembangan. Dimulai dari keyboard Serial, keyboard PS2, keyboard USB dan yang
terbaru adalah keyboard wireless. Begitu juga dengan desain secara bentuk
fisiknya dari persegi panjang, fleksibel hingga keyboard virtual.
DAFTAR
PUSTAKA
Celluon.
2013. Celluon Magic Cube, http://www.celluon.com/products.php,
(diakses
12 Maret 2015 di way halim)
Wikipedia,
2015. DVORAK, http://id.wikipedia.org/wiki/Dvorak, ( diakses 12
Maret 2015di way halim)
Didit
Widiarto, 20 Juli 2012. Pengertian dan Fungsi Keyboard Komputer,
http://diditsmile.blogspot.com/2012/07/pengertian-dan-fungsi-keyboardkomputer.
html,
(diakses 12 Maret
2015 di way halim)
Luvy,
02 Desember 2012. Keyboard dan Macam – Macam Keyboard,
http://12650115-imk.blogspot.com/2012/12/keyboard-dan-macam-macamkeyboard.
html,
(diakses 14 Maret
2015 di way halim)
Hendra728,
04 April 2012. Sejarah dan Fungsi Keyboard Komputer,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar