Sabtu, 24 Desember 2016

Sejarah Manajemen



SEJARAH MANAJEMEN

A.    Sejarah Manajemen
Sejarah manajemen sesungguhnya konsep maupun praktik-praktik manajemen telah dilakukan dalam berbagai kegiatan pada masa lampau. Sejarah mencatat bahwa penerapan konsep manajemen dalam berbagai aktivitas politik kenegaraan. Social budaya telah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Sebagaian mana yang telah dilakukan secara berulang.
Konsep dan praktik manajemen yang dilakukan pada organisasi perusahaan. Saat ini didasari oleh konsep maupun praktik manajemen dimasa lampau. Seiring waktu berjalan pendekatan teori-teori manajemen masa kini terus mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu mengikuti kebutuhan.

Definisi manajemen menurut para ahli manajemen dapat dipahami melalui 2(dua)hal ,yaitu Teori dan Praktik.
1.      Aspek Teori
Aspek teori yaitu menekan pada pandangan tentang aspek tertentu dari organisasi antara lain:
*      Efektifitas
*      Pencapaian tujuan
*      Pengambilan keputusan
*      Efesien
*      Keseimbangan
*      Interaksi antar organisasi dan lingkungan.
2.      Aspek Prtaktik
Menekankan pada praktik anajemen yang memandang organisasi sebagai sebuah system terbuka. Manajemen bermakna sebagai suatu proses mengkoordinasi dan mengintegrasiakan kegiatan-kegiatan sehingga dapat diselesaikan secara efesien dan efektif dengan melalui orang lain.
3.      Manajemen menurut Williams anatara lain:
*      merencanakan adalah menentukan sasaran organisasi dan saran untuk mencaapainya.
*      Mengorganisasikan adalah menetapkan dimana keputusan akan dibuat,melaksanakan tugas dan pekerjaan.
*      Memimpin adalah memberi inspirasi dan motivasi karyawan untuk bekerja keras dalam mencapai sasaran organisasi.
*      Mengendalikan adalah mengawasi kemajuan pencapaian sasaran dengan mengambil tindakan mengoreksi jika kemajuan tidak tercapai.
Pendapat ahli yang lain manajemen antara lain:
*      Follett dalam stoner(1996), manajemen sebagai “seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain”.
*      Stoner (1995),manajemen sebagai suatu proses perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
4.      Manajemen Global
Manajemen global antara lain:
*      Manajemen baru era globalisasi dalam suatu perusahaan harus memiliki staf dan karyawan yang mampu melayanni pasar global sekaligus pasar local yang ingin dilayani dengan caraa yang sama.
*      Manajer yang semula berperan “memerintah dan mengawasi” saat ini berperan menjadi”pelatih”agar setiap karyawan mampu diberdayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar.
*      Manajer harus memiliki sejumlah ide,gagasan,strategi ,dan metode untuk membantu orang lain menyesuaikan diri dalam kondisi seperti ini.

Bagaimana seorang manajer dapat menjadi manajer global?
*   Seorang manajer dituntun mempunyai karakteristik fleksibel yaitu memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dan mampu memanfaatkan sumber daya yang efesien.
*   Para manajer harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan informasi. Selanjutnya juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan menjadikannya sebagai solusi daya saing bagi bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar